Pertanyaan Rasulullah SAW





PERTANYAAN RASULULLAH SAW. KEPADA PARA SAHABAT TENTANG DUA JENIS MANUSIA
                Suatu  ketika Rasulullah saw. sedang duduk bersama beberapa orang sahabatnya. Kemudian seseorang berjalan di depan mereka. Nabi saw. bertanya kepada mereka, “Bagaimana pendapat kalian tentang orang ini?”
                Mereka menjawab, “Ya Rasulullah, dia termasuk orang yang mulia. Demi Allah, jika dia melamar seorang wanita, lamarannya pasti diterima. Jika dia melindungi seseorang, tentu perlndungannya akan disetujui.”
                Mendengar jawaban mereka, Nabi saw., hanya terdiam. Tidak lama kemudian, ada seorang lagi yang berjalan didepan mereka. Rasulullah saw. bertanya tentang orang itu. Mereka menjawab, “Ya Rasulullah, dia seorang  Islam yang miskin. Jika melamar wanita, pasti lamarannya ditolak. Jika dia mengusulkan sesuatu, pasti tdak diterima. Jika dia berbicara, tidak ada orang yang mendengarkannya,”
                Rasulullah bersabda, “Apabila seluruh dunia dipenuhi oleh orang seperti yang pertama tadi, maka orang yang kedua lebih baik dari mereka semua.”

Hikmah dari kisah di atas
                Maksud dari kisah diatas adalah, hanya kemuliaan dunia saja tidak mendapat tempat apa-apa disisi Allah Swt. Seseorang yang miskin yang tidak mendapakan tempat di sisi siapa pun, yang kata-katanya tidak didengar oleh orang lain, tetapi ternyata ia lebih mulia dalam pandangan Allah Swt. daripada ribuan bangsawan yang terhormat, yang kata-katanya mendapatkan tempat yang banyak di dunia ini dan setiap orang bersedia untuk mendengarkan dan menaatinya namun di sisi Allah dia tidak mendapat tempat apapun.
                Berdirinya dunia ini adalah semata-mata karena keberkahan kekasih-kekasih Allah. Hal ini diterangkan langsung oleh hadits bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Pada hari di mana tidak tersisa satupun manusia yang menyebut nama Allah, maka kiamat akan terjadi dan keberadaan dunia akan punah”. Inilah keberkahan dari nama Allah yang Maha Suci, yang dengannya seluruh aturan alam berdiri tegak.
http://www.shvoong.com/writers/yaniear11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silaturahmi

Pahala Sahur

Keadaan Shalat para Sahabat R.A.